Perketat Pintu Keluar Masuk dan Lakukan Patroli, dalam Pengamanan Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar

  • Bagikan
Pengamanan Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Perketat Pintu Keluar Masuk dan Lakukan Patroli

Lombok barat, NTB – Rangkaian Pengamanan Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, dengan memperketat pintu Masuk, Pintu Keluar, hingga melakukan Patroli di Areal Pelabuhan Lembar, Minggu (8/1/2023).

Kapolsek Kawasan Pelabuhan Lembar, Polres Lombok Barat, Polda NTB, Iptu Adi Rijal P. Sipayung, S.Tr.K., menjelaskan secara rinci kegiatan jajarannya.

“Semua rangkaian kegiatan pengamanan itu adalah, untuk memastikan situasi Keamanan dan Ketertiban Masyarakat tetap terjaga. Baik itu pengguna jasa, Masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan, maupun Otoritas jasa Penyeberangan Pelabuhan Lembar,” ungkapnya.

Pengamanan Aktifitas Bongkaran Kapal

Antara lain , melakukan Pemeriksaan dalam bongkaran kapal di pintu masuk Provinsi NTB tepatnya di Pelabuhan PT ASDP Lembar Kab. Lombok Barat.

“Pemeriksaan bongkaran KMP. Gerbang Samudra III yang sandar di Dermaga II Pelabuhan PT ASDP Lembar. Dengan melakukan pemeriksaan terhadap kendaraan dan penumpang yang turun dari atas kapal,” ujarnya.

Mulai dari pemeriksaan Surat – surat Kendaraan (SIM dan STNK) Sertifikat Vaksin  1,2 dan booster (lengkap) .

Adapun untuk penumpang atau pengguna jasa yang turun dari KMP. Gerbang Samudra III terpantau Sepeda Motor sebanyak 9 unit. Kendaraan Kecil (KK) sebanyak 4 unit, Truk Mini (TM) sebanyak 4 unit, Truk Sedang (TS) sebanyak 8 unit. Kemudian Truk Besar (TB) sebanyak 2 unit, Bus Besar sebanyak 3 unit dan Tronton sebanyak 1 unit.

Hasilnya, semua Pelaku Perjalanan dalam negeri (PPDN) semua melengkapinya dengan Surat kendaraan (SIM dan STNK) dan Surat Keterangan  Sertifikat Vaksin lengkap.

Penjagaan di Toll Gate, Cegah Calo dan Premanisme

Selain itu, dalam Pengamanan Polsek Kawasan Pelabuhan Lembar, juga melakukan pengamanan di Toll Gate Pelabuhan Penyebrangan PT ASDP Lembar.

“Untuk mengantisipasi adanya premanisme dan calo, kemudian melakukan pemantauan Scan Bardcode aplikasi Peduli Lindungi. Juga Pemeriksaan Surat -Surat Kendaraan (SIM dan STNK),” ujarnya.

Tujuannya adalah untuk memberikan rasa aman kepada pengguna jasa kapal yang hendak membeli tiket.

Juga melakukan Pengecekan Surat Keterangan Rapid Tes antigen dan sertifikat vaksin minimal tahap I/dosis pertama. Serta memberikan himbauan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan guna  mencegah penularan Covid-19.

Patroli di Area Pelabuhan, Bagian dari KRYD

“Untuk memastikan situasi di Area Pelabuhan tetap kondusif juga melaksanakan Kegiatan Rutin yang ditingkatkan (KRYD), berupa kegiatan Patroli di daerah Objek Vital,” katanya.

Memberikan himbauan kepada para Satpam agar selalu menjaga keamanan situasi dilingkungan areal kerja. Agar selalu tetap waspada untuk mencegah terjadinya  kriminalitas di areal perkantoran atau perusahaan.

“Seluruh kegiatan berjalan aman dan lancar, aktifitas di Pelabuhan Lembar normal, tidak ada menemukan hal-hal yang menonjol,” tandasnya.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *