Saturday, October 1
Shadow

Ratusan Hewan Ternak di Labuapi Dapatkan Vaksin PMK

Lombok Barat, NTB – Kegiatan vaksinasi PMK terhadap hewan ternak sapi di Kecamatan Labuapi, ratusan hewan ternak berhasil mendapatkan vaksin PMK, Kamis (28/7/2022).

Kegiatan ini dalam rangka Ops Aman Nusa II Polda NTB bertempat di Kandang Kumpul Mule Jati Dusun Karang Bangket Desa Kuranji Kecamatan Labuapi Lombok Barat.

Kapolsek Labuapi Iptu Agus Priyo Wahyono, mengatakan kegiatan melibatkan personel Subsatgas Vaksinasi Ops Aman Nusa Polda II NTB. Kemudian bersama Satgas Aman Nusa II Polres Lobar, Personel Polsek Labuapi. Lalu  ada juga dari Distan Lombok Barat, Kordinator BPP Labuapi, serta kepala UPT Puskeswan Wilayah Tengah beserta Tim Vaksinator.

”Adapun jenis vaksin menggunakan Aftopor, dengan mekanisme kegiatan pemberian vaksinasi hewan ternak sapi,” ungkapnya.

Tim medik veteriner dalam hal ini Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas dan tanggung jawab, wewenang dan hak secara penuh oleh pejabat yang berwenang. Untuk melakukan kegiatan pengendalian hama dan penyakit hewan, pengamanan produk hewan, dan pengembangan kesehatan hewan.

Ratusan Hewan Ternak di Labuapi Dapatkan Vaksin PMK“Melakukan pemberian vaksinasi pertama pada hewan sehat yang berada dalam radius kilometer dari hewan yang tertular dalam zona wabah PMK (apabila ada),” katanya.

Vaksinasi PMK melakukannya sebanyak tiga kali pada tiap hewan ternak, vaksinasi kedua sekitar empat minggu setelah vaksinasi pertama. Sedangkan vaksinasi ketiga dilakukan enam bulan setelah vaksinasi kedua.

“Kegiatan tersebut dalam rangka menindaklanjuti penanganan penyakit mulut dan kuku (PMK) pada hewan. Juga sesuai Instruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 31 tahun 2022 tentang penanganan wabah penyakit mulut dan kuku,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut Kapolsek Labuapi bersama Bhabinkamtibmas Desa setempat dan personil yang terlibat dalam Ops Aman Nusa II Polda NTB memberikan himbauan. Kepada pemilik hewan ternak agar tidak terpengaruh dengan issu issu yang tidak bertanggungjawab.

“Bilamana ada informasi terkait hewan ternak mati akibat di vaksin agar melaporkan segera kepada tim medik veteriner Kabupaten Lombok Barat Wilayah Tengah,” imbuhnya.

Secara keseluruhan dosis vaksin pertama yang diberikan di Kandang Kumpul Mule Jati Dusun Karang Bangket Desa Kuranji sejumlah 68 ekor. Kemudian dosis vaksin pertama yang diberikan di Kandang Mandiri Dusun Padang Reak Desa Kuranji sejumlah 32 ekor. Terakhir total dosis vaksin pertama yang untuk di Desa Kuranji sejumlah 100 ekor.

Leave a Reply

Your email address will not be published.