Thursday, September 29
Shadow

Operasi Bina Kusuma Rinjani 2022 Polres Lombok Barat, Kedepankan Cara Preemtif

Lombok Barat, NTB – Pelaksanaan Operasi Bina Kusuma Rinjani 2022 Polres Lombok Barat menggelarnya di berbagai lokasi di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat, (20/9/2022).

Kasat Binmas Polres Lombok Barat, Polda NTB, AKP Wahyu Indrawan S.Sos., selaku Kasatgas Preemtif menjelaskan tujuan pelaksanaan Operasi ini.

“Antara lain dalam mengantisipasi Premanisme, mengantisipasi gangguan Kamtibmas, penyuluhan ke Sekolah terkait pernikahan dini. Kemudian pencegahan penyalahgunaan Narkoba dan pencegahan Kenakalan Remaja, serta mengantisipasi siswa  bolos sekolah di tempat Wisata/keramaian,” ungkapnya

Sasaran pertama bertempat di Pasar tradisional Gerung, Kelurahan Gerung selatan, Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

“Memberikan himbauan dan pesan kamtibmas kepada Buruh Pasar Pasar Gerung, Komunitas Ojek Pasar Gerung, dan Juru Parkir Pasar Gerung,” katanya.

Bentuk Kegiatan Sambang dan Tatap Muka

Berupa sambang atau tatap Muka sambil memberikan Himbauan Kamtibmas tentang Premanisme dan Pungli. Kemudian mensosialisasikan UU. No. 22 th. 2009 ttg. Lalu lintas dan Angkutan jalan, waspada tindak Pidana Curanmor di Area Parkir dan Sekitarnya. Selain itu juga berpesan untuk bersama – sama Menjaga Sitkamtbmas agar tetap Kondusif.

“Pada kesempatan itu juga melakukan pemberian sarana kontak kepada Ojek, dan Juru Parkir,” pungkasnya.

Kegiatan Operasi Bina Kusuma Rinjani 2022 Polres Lombok Barat berlanjut di Taman Kota Giri Menang, Penas, Kecamatan Gerung.

“Menyasar kepada Pelajar yang bolos sekolah, memberikan himbauan kepada para pelajar yang bolos sekolah di taman kota. Sekaligus menegur para pelajar yang kedapatan bolos sekolah agar tidak mengulangi lagi,” ujarnya.

Selain itu juga mengingatkan untuk menjauhi narkoba serta tawuran antar pelajar dan pernikahan dini. Kemudian kepada pelajar yang bolos tersebut menghimbau agar pulang ke rumah masing-masing.

Setelah memastikan pelajar yang bolos sekolah kembali ke Rumah masing-masing, Tim kemudian menyambangi karang taruna atau muda mudi di Lingkungan Babakan Gerung. Bertempat di Balai Banjar Suka Wardaya, Lingkungan Babakan Gerung, Kelurahan Gerung Utara, Kecamatan Gerung.

“Bentuk kegiatannya memberikan himbauan untuk selalu menjaga silahturahmi dan toleransi antar umat beragama. Menghimbau agar tidak terjadi kenakalan remaja, menjauhi Miras, Narkoba dan pernikahan dini,” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, juga menyerahkan sarana kontak berupa Net bola voli, guna mendukung kegiatan olahraga karang taruna atau muda-mudi di lingkungan Babakan Gerung.

Lalu menyambangi seputaran Galian C Dusun Bongor Desa Taman Ayu Kecamatan Gerung, Kabupaten Lombok Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.