Friday, December 2
Shadow

Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Kabupaten Lombok Barat

Lombok Barat, NTB – Pemerintah Daerah Kabupaten Lombok Barat bersama TNI-Polri dan stake holder lainnya menggelar Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana, Senin (24/10/2022).

Pj. Sekda Lobar H. Ilham S. Pd, M.Pd memimpin kegiatan kegiatan apel Siaga Bencana ini, dalam rangka kesiapsiagaan menghadapi bencana alam di Kabupaten Lombok Barat.

“Pada saat ini Indonesia, NTB, termasuk Lombok Barat sedang mengalami curah hujan yang cukup tinggi. Apel pada pagi hari ini adalah dalam rangka memperkuat semangat dan persiapan kita menghadapi bencana dan dampaknya,” ungkapnya.

Namun demikian tugas yang lebih berat dari kesiapsiagaan adalah menyadarkan masyarakat untuk bisa menjaga alam dan lingkungan.

“Menjaga keseimbangan alam tidak akan pernah mungkin bisa dilakukan oleh pemerintah saja tetapi harus melibatkan kesadaran dari masyarakat,” katanya.

Sebagaimana, apel siaga bencana ini harapannya bisa meminimalisasi dampak dari bencana ketika bencana itu datang.

“Untuk itu, OPD-OPD terkait saya himbau untuk proaktif untuk selalu bersiap-siaga menjalankan peran dan fungsinya,” imbaunya.

Menurutnya Bencana alam apapun bentuknya merupakan peristiwa yang sewaktu-waktu bisa terjadi.

“Status negara kita yang berada pada Cincin Api Pasifik (Ring of Fire) yang rentan terjadinya gempa bumi dan letusan gunung berapi juga membutuhkan kewaspadaan kita,” imbuhnya.

Pada kesempatan itu Ilham menyampaikan beberapa penekanan terkait dengan siaga bencana di Lombok Barat ini.

“Pertama, kita selalu berpatokan pada badan resmi yang menangani itu yaitu BMKG yang diteruskan melalui Diskominfo Lombok Barat sebagai sumber informasi tentang cuaca dan sejenisnya,” ungkapnya

Selanjautnya menggalakkan berbagai hal untuk mengurangi dampak bencana alam seperti membersihkan saluran air, got, sungai, dan lain-lain.

“Kepada para camat dan kepala desa untuk menyadarkan masyarakat untuk tidak lagi membuang sampah di sungai. Juga memobilisasi mereka untuk membersihkan sungai, kali, atau got yang sudah kotor,” sambungnya.

Hadir dalam Apel Gelar Pasukan Siaga Bencana Lombok Barat antara lain perwakilan Dandim 1606 Mataram, Asda I, II Setda Lobar, Kabag Ops Polres Lobar. Kemudian Kasat sabhara Polresta Mataram, Kasat sabhara Polres Lobar, Seluruh Kepala Opd, Seluruh Camat, Kapolsek se- Lobar.

Hadir pula Kepala Basarnas, BMKG wilayah I kediri, Gm PLN Wilayah NTB, Orari, Ketua Forum PRB Kabupaten Lombok Barat.

Leave a Reply

Your email address will not be published.