Friday, December 2
Shadow

Sat Polairud Polres Lobar Pantau Situasi Pesisir, Kedepankan Cara Preemtif dan Preventif

Lombok Barat, NTB – Sat Polairud Polres Lombok Barat Intensifkan kegiatan preemtif dan preventif, di wilayahnya, terutama pada wilayah pesisir, Rabu (2/11/2022) malam.

Kasat Polairud Polres Lombok Barat Iptu L.M. Ikhsan mengatakan kegiatan ini dalam rangka untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang man dan kondusif di Wilayah Hukum Polres Lombok Barat.

“Bentuk kegiatannya berupa Polmas, menyambangi aktifitas Masyarakat di Pesisir dan Area Pelabuhan, tidak terkecuali pada malam hari,” ungkapnya.

Dalam kegiatan ini melibatkan personel jaga Pos Polairud Lembar dan Pos Polairud Senggigi, melakukan pemantauan di dua lokasi ini.

Untuk Pos Polairud Lembar, anggota Jaga Kapal 2002, Kapal 1007 dan Kapal 2003 melaksanakan pemantauan di sekitar pelabuhan nusantara.

“Memantau giat bongkar KMP Kirana IX, sekaligus menyampaikan himabaun Kamtibmas kepada Masyarakat yang beraktifitas di Pelabuhan,” katanya.

Selain itu, anggota Piket Pos Airud Lembar melaksanakan patroli dialogis serta mengantisipasi gangguan terkait dengan aksi kejahatan. Juga mencegah aksi premanisme, mengingatkan kepada para penumpang, sopir  dan para penggguna jasa pelabuhan atau masyarakat lainnya.

“Agar selalu menerapakan prokes kesehatan, menjaga kamtibmas dan kebersihan disekitar Pelabuhan,” imbuhnya.

Untuk situasi, sampai dengan saat ini terpantau aman, cuaca cerah  Kecepatan Angin 3 – 6 knot, gelombang masih terpantau normal dan Keadaan Air Laut beranjak surut.

“Kemudian mengecek Posisi Alut Sat. Polairud Kapal 2002, Kapal 2003 dan Kapal 1007 yang masih terikat aman di moringnya, lanjut anggota Standby di Pos Airud Lembar,” pungkasnya.

Sedangkan di Pos Polairud Senggigi anggota Piket Jaga Kapal 1008 dan Rubber Boat melakukan himbauan ke beberapa pemancing di dermaga Senggigi.

“Agar tetap waspada mengingat cuaca berubah – ubah guna menghindari hal – hal yang tidak diinginkan,” katanya.

Anggota Piket Pos Senggigi juga melakukan pengecekan posisi Kapal Patroli 1008 dengan menggunakan alat bantu berupa senter dan kapal patroli dalam keadaan aman.

Situasi Perairan Senggigi dan sekitarnya sampai saat ini terpantau aman, untuk kejadian menonjol terpantau nihil. Seperti Kecalakaan lalut, Ilegal Fishing, Ilegal Logging dan Minyak Ilegal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.